Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Processor INTEL





  • Intel Pentium 4
Pentium 4 adalah mikroprosesor generasi ketujuh yang dibuat oleh Intel Corporation dan dirilis pada bulan November 2000 meneruskan prosesor Intel Pentium III. Nama perkenalan generasi awalnya adalah Willamette, kemudian dikembangkan kembali dengan nama perkenalan Northwood, Prescott, dan Cedar-Mill. Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3,06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5 GHz dengan form factor pin 423, setelah itu intel merubah form factor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1,3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3,4 GHz.
  • Intel Core i3
Intel mengeluarkan  produk  Intel Core i3 pada tanggal 7 Januari 2010 . Ada dua tipe yang diluncurkan oleh Intel i3 ini, yaitu untuk desktop processor dan mobile processor (notebook). Intel Core i3 untuk tipe desktop menggunakan microachitecture yang diberi codename Clarkdale, yang memilki L3 cache sebesar 4 Mb, dengan Thermal Design Power (TDP) sebesar 74 watt. Core i3 memiliki core processor sebanyak dua. Socket yang digunakan  socket LGA 1156. Teknologi tambahan yang “diinjeksikan” pada processor Intel i3 ini adalah di dalam processornya sudah terintegrasi dengan GPU (Graphical Processing Unit). Jadi komputer akan tetap bisa menyala dan menghasilkan gambar tanpa adanya VGA card.
Jenis  Intel Core i3 pada notebook, intel  menggunakan microarchitecture dengan codename Arrandale. Core i3 versi mobile ini memiliki L3 cache sebesar 3 Mb dan TDP yang jauh lebih kecil, yaitu hanya 35 watt. Jenis intel ini memiliki  core processor yang sama, yaitu dua buah core dengan integrasi GPUnya. Socket yang digunakan µPGA-989.
  • Intel Core i5
Prosesor  Intel® Core™ i5 dapat menigkatkan kekuatan PC dengan kinerja cerdas,  32nm dual-core processing terdiri dari dua prosesor yang tidak berkaitan dalam satu paket fisik pada frekuensi yang samaIntel Core i5 juga mempunyai teknologi intel hyper threading. Memiliki  Intel HD graphic yang memberikan prestasi visual yang menggagumkan untuk gambar lebih tajam, warna yang selaras dengan tambahan Video Card. Dengan adanya Hyper-threading sehingga membuat tampil seakan memiliki 4 inti prosesor. Ada juga Turbo boost menjadi andalan dalam hal performa. VGA terintegrasinya sudah mencukupi untuk pemutaran film HD 1080p, bahkan film Blu-Ray, juga beberapa game 3D ringan pun bisa dimainkan.
Hyper threading (HT) atau nama resminya Hyper Threading Technology (HTT) adalah teknologi yang diperkenalkan oleh Intel atas implementasinya terhadap kemapuan prosesornya dalam menjalankan “Multi – Threading” yaitu menjalankan banyak threadHyper Threading memanfaatkan tenaga prosesor yang idle agar dapat mengerjakan proses yang lainnya. atau proses kerja dalam satu waktu bersamaan.
  • Intel Core i7
Memory controller baru  terintegrasi menangani aliran data antara memory utama (RAM) dan processor. Tiga channel memory (DDR3 1066 MHz) menghasilkan bandwidth hingga 25,6 GB/detik. Semakin besar bandwidth, semakin cepat kinerja yang dihasilkan untuk aplikasi-aplikasi padat data (grafis dan multimedia). Core i7 menurunkan power tiga core, dan secara perlahan meningkatkan power satu core tanpa menaikkan power yang masuk ke dalam processor mirip dengan fitur overclocking otomatis built-in. Core i7 memiliki empat core, bila HT diaktifkan, sistem operasi akan melihatnya sebagai delapan processor. Chipset baru Core i7 (x58) mendukung PCI-e 2.0, yang memiliki transfer rate dua kali lebih besar dari PCI Express original (dari bandwidth per port 8 GB menjadi 16 GB/detik).
Intel Core i7 Terdiri dari 2 jenis, yaitu
  • Core i7 QM
Prosesor notebook Core i7 QM memiliki kemampuan tertinggi. Tidak ada VGA di dalam prosesor ini, tetapi dengan 4 inti prosesor (quad core), kecepatan tinggi, dan Turbo boost. Prosesor dengan 4 core dan hyper-threading ini akan dideteksi Windows seakan memiliki 8 inti prosesor. Sehingga menghasilkan performa notebook tertinggi yang bahkan mampu bersaing dengan desktop.
  • Core i7 M
Prosesor ini adalah Arrandale (2 inti prosesor) dengan performa terbaik. Dengan teknologi 32 nm membuatnya bekerja dengan suhu relative rendah. Kecepatan tinggi, Hyper-threading, dan Turbo boost sehingga membuatnya memiliki performa tinggi. Apabila dipadu dengan VGA tambahan, notebook berbasis Core i7 M akan menjadi pilihan yang sangat baik bagi pencinta performa tinggi. Kemampuannya dapat bersaing dengan Core i7 QM.

Posting Komentar untuk "Karakteristik Processor INTEL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel